tips agar terhindar dari phising


Welcome back di Tips Gua,
sebelumnya buat yang tersinggung karena artikel tips gua sebelumnya gua minta maaf, dan di artikel kali ini juga gua tetap akan pake gaya bahasa gua yang sok hahaha.
oke kali ini gua akan bahas tips agar terhindar dari phising.

Apa Itu Phising?
Phising itu biasanya disebut memancing, bukan memancing ikan tapi memancing informasi berharga orang lain.
Phising itu merupakan teknik hacking dengan mengandalkan social engineering, dll.
nah disini gw akan bahas gimana cara hindarinnya, jadi buat kalian orang orang alay penghuni facebook yang status nya angka semua, lu semua harus tau ini.

Seperti Apa Phising Itu?
Phising biasanya adalah replika atau cloningan atau situs tiruan dari situs yang asli, misal situs facebook, nah di buat replika nya atau kloningannya, jika dilihat sangat mirip dengan halaman facebook asli, bahkan bisa dibilang dari segi penampilan tidak ada yang berubah sama sekali, mirip 100%
foto ini adalah foto situs phising, sangat mirip bukan ?

situs ini akan menyuruh kita untuk memasukan email dan password facebook anda, jadi email dan password facebook anda akan dikirim ke si pembuat 
phising.

Bagaimana cara menghindarinya?

Satu satu nya kekuatan dan kelemahan dari teknik phising adalah manusianya itu sendiri, artinya jika korban phising ini betul betul gaptek, kudet, dll pasti bakal percaya aja dan dengan senang hati memasukan data facebooknya ke situs phising ini.
jadi jika anda sendiri mengetahui itu situs phising atau bukan, tentu anda tidak akan terkena jebakan nya.

cara membedakannya  

sebenarnya cukup mudah, kita tinggal melihat saja URL atau alamat situs nya.
misal seperti kita membuka facebook
url facebook adalah : https://www.facebook.com
url phising facebook misalnya : www.fakebook.com
liat perbedannya ? ya selain url https://www.facebook.com, itu berarti phising!

Modus Phising

Jaman sekarang sudah banyak situs situs yang di replika(phising), mulai dari situs belanja online, hingga situs bank sendiri.
kebanyakan modus nya adalah menawarkan sesuatu yang istimewa atau bahkan menyamar menjadi customer service nya.
dalam kebanyakan kasus, pada phising facebook kebanyakan menawarkan:
-pulsa gratis jika login dengan fb kalian di situs yang tidak jelas (selain facebook)
-tambah teman
-ganti tema
-hingga ada juga yang memakai akun cewe dan menjebak korbannya

Oke sekian tips dari gua, gua garis bawahi untuk para alayers di medsos yang gak tau apa apa dari laganya banyak, baca nih biar lu pinter
next tips gw akan coba nulis tentang adware yah hahaha
jangan lupa LIKE, FOLLOW, SHARE
Punya pengalaman mengatasi error di pc/android?
Atau anda mengalami error yang belum terpecahkan?
Kirimkan pengalaman mu ke email kami di official.ilp@yandex.com
Previous
Next Post »